Pages

Wednesday, August 19, 2009

~~RINDU ROSUL~~

Kajian MuslimahRindu RasulSumber: Info DT Jakarta Edisi 06/Tahun IV/Mei 2004
Seputar DT Jakarta - Lintas KegiatanOleh : Ummu Ghaida Mutmainnah (Teh Ninih)Bismillaahirrahmaanirrahiimi,
Alhamdulillah as-sholatu wa sallam wa ala rasulillah wa ala alihi wa sohbihi wa manwallah. Selama ini ada bebarapa pertanyaan buat apa diadakan perayaan maulid nabi? Jawabannya adalah karena kita cenderung lupa kalau tidak ada yang mengingatkan, buat kita para muslimah ada baiknya menyamakan niat memperingati maulid nabi adalah untuk membangkitkan dan mengenang kembali perjuangan Rasulullah SAW.
Saya dapat ilmu dari mbak neno warisman berupa penggalan puisi tentang Rasul "seandainya Rasulullah dilahirkan lagi kedunia ini, khususnya ke negeri kita... mungkin sudah tidak ada lagi anak jalanan yang terlantar... wanita-wanita yang memamerkan aurat... wanita-wanita yang menjual harga dirinya", sungguh indah...
Betapa keindahan pribadi Rasul itulah yang membuat para sahabatnya jatuh cinta, kagum, mengikuti dan mengamalkan apa yang beliau contohkan. Kita ummat Rasulullah SAW, pernahkah kita merasakan rindu kepadanya? Rindu akan keindahan akhlaqnya, cahaya wajahnya, ketulusan senyumnya? Sekiranya pertanyaan itu kita kembalikan pada diri kita, sejauh mana kita mengenal Rasululullah SAW? Apakah kita termasuk orang yang bersungguh-sungguh mengamalkan apa yang Rasulullah SAW contohkan?
Perasaan rindu kita kepada Rasulullah SAW seharusnya melebihi kerinduan kita kepada siapapun dan apapun di dunia ini, karena dengan perasaan rindu kita dapat mengamalkan apa yang sudah di contohkan Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari mulai dari hal-hal yang sederhana seperti :
I. Mengamalkan do'a-do'a harian dari mulai kita bangun tidur sampai menjelang tidur, diantaranya :
- Do'a bangun tidurAlhamdulillahilladzii ahyana ba'dama amatanawa ilayihinnusyurArtinya : Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami di matikan dan kepada-Nya lah kami di bangkitkan.
- Do'a keluar dari kamar mandiAlhamdulillahiladzii adzhaba anil adza wa'afaniArtinya : Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan gangguan dari tubuhku dan menyejatkan aku.
- Do'a ketika bercerminAlhamdulillahiladzi sawwa kholqi wa ahsana shuara'Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menyempurnakan penciptaanku maka perindah pula akhlaqku
- Do'a ketika makanAllohumma bariklana fima razaktana wakina adza ba naarArtinya : Wahai Allah berkahilah rejeki-rejeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan selamatkan kami dari api neraka
- Do'a sesudah makanAlhamdulillahiladzi ath'amana wa saqona waja'alana musliminArtinya : Segala puji bagi Alloh yang telah memberi kami makan,minum dan menjadikan kami orang-orang muslim.
- Do'a ketika akan tidurBissmika Allohuma ahya wa amuutArtinya : Dengan asma-Mu wahai Allah yang menghidupkan dan yang mematikan
II. Mulai rajin shalat malam / tahajud, karena amalan ini belum pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW. Insya Allah kita termasuk ummat yang senantiasa mendapat kemudahan dan pertolongan Allah SWT.
Kiat menumbuhkan rasa rindu kepada Rasulullah SAW :1. Perbanyak membaca buku tentang sejarah dan pribadi Rasulullah SAW2. Mulai mengamalkan apa-apa yang dicontohkan Rasulullah SAW3. Perbanyak membaca Shalawat4. Jadikan Rasulullah sebagai panutan
Mumpung rabiu'l awal mari kita para muslimah mengganti nyanyian kita dengan nasyid-nasyid tentang kerinduan kita kepada Rasulullah.
Semoga kita diberi karunia oleh Alloh SWT menjadi muslimah yang mampu mengamalkan sunnah Rasulullah SAW (wass).
Alhamdulillaahirabil’alamin..

0 comments: